Kamis, 14 November 2013

Tayangan Sehat bagi Remaja

Di era moderen ini tayangan televisi semakin beragam, dari tayangan yang bersifat ringan dan menghibur, hingga tayangan yang bersifat mendidik. Tapi diantara banyaknya tanyangan, ada sebagian tanyangan yang harus kita pertimbangkan untuk kita konsumsi. tayangan – tanyangan televisi yang tidak bersifat mendidik bahkan mengandung unsur kekerasan dan dewasa.
            Sebenarnya di setiap tayangan televisi yang kita saksikan pasti ada pemberitahuan batasan umur saat menonton tayangan tersebut. Tapi terkadang kita mengabaikan larangan itu dan berpikir bahwa sah – sah saja kita menyaksikan tayangan tersebut. Pemikiran seperti itu dapat memberikan dampak di kemudian hari. Kini banyak remaja – remaja yang mengikuti hal – hal yang tidak patut ditiru dalam suatu tayangan televisi, bahkan ada yang sampai berakibat fatal. Pembatasan umur tayangan televisi seharusnya dapat meminimalisir terjadinya hal – hal negatif pada konsumennya, tapi tidak banyak yang dapat dilakukan saat para remaja tidak bisa dikontrol dalam menyaksikan tayangan televisi.
Jika kita bisa memilah tontonan mana yang pantas bagi umur kita, tayangan televisi dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kita. Banyaknya  informasi yang bisa kita dapatkan dengan akses yang mudah membuat televisi dapat menjadi akses pembelajaran yang baik. Tak jarang beberapa saluran televisi nasional dan swasta yang membuat acara khusus untuk pembelajaran para siswa dari tingkat SD hingga SMA.
Tayanan –tayangan tersebut dapat digunakan sebagai contoh tayangan yang sehat. Tidak perlu cara khusus untuk menentukan tayangan mana yang sehat dan tidak sehat.Sebagai remaja pasti kita tahu mana yang baik dan buruk. Hanya perlu kesadaran diri untuk melaksanakannya.Bimbingan orang tua dalam membatasi tayangan yang disaksikan oleh anak – anak mereka sangat diperlukan dalam pemilihan tayangan sehat.
Tidak hanya tayangan yang bersifat mendidik yang dibutuhkan remaja, tayangan yang bersifat hiburan juga sangat diperlukan. Tayangan seperti ini sangat penting untuk mengurangi kadar stress seorang remaja yang biasanya di penuhi dengan masalah – masalah pribadi, lingkungan, dan sekolah yang begitu membelit. Tayangan ini setidaknya dapat menghibur keadaan psikis mereka.
Orang remaja yang biasanya sedang menggandrungi artis idola pasti akan mengikuti segala acara televisi yang menampilkan idolanya. Tapi tak jarang acara tersebut ada yang mendidik dan ada yang tidak pantas untuk disaksikan oleh orang seumuran remaja. Selain artis idola acara tentang cinta juga sangat di sukai oleh remaja yang notabennya anak baru gede  dan sedang mencari tahu hal baru. Tayangan yang menampilkan adegan – adegan yang tidak senonoh dapat meracuni pikiran remaja dan menumbuhkan rasa ingin tahu dan mencoba yang begitu besar bagi remaja.
            Penayangan acara televisi juga harusnya dapat ditempatkan pada waktu yang tepat. Misalnya acara – acara yang mengandung unsur kekerasan harusnya di tayangkan pada waktu hanpir tengah malam dimana sebagian besar anak – anak sudah dalam situasi tidur lelap.

            Lembaga – lembaga sensor juga bertanggung jawab besar dalam menyortir tayangan – tayangan yang sehat bagi penikmatnya. Agar tidak terjadi hal – hal fatal akibat tayangan televisi yang tiodak sehat, dan menjadikan televisi sebagai  sumber informasi yang bermanfaat bagi remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar