Senin, 26 Mei 2014

Menulis Esai, Bermanfaat atau Tidak?

Tahukah kamu tentang esai?   Esai adalah suatu karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai kini telah banyak dijadikan sebagai salah satu kurikulum dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah – sekolah berbasis sains. Esai merupakan tugas yang wajib dibuat siswa dua minggu sekali. Dalam perbaikan nilaipun esai digunakan sebagai sarana perbaikan nilai.
            Tidak dapat dipungkiri banyak siswa yang merasa dibebani dengan adanya tugas membuat esai ini, dimana mereka dituntut membuat berhalaman – halaman tulisan tangan yang harus diselesaikan dalam waktu yang tidak bisa dibilang lama. Sebagian besar siswa juga tidak tahu apakah esai yang mereka buat ini bermanfaat atau tidak. Seorang guru yang memberikan sebuah tugas pasti memiliki tujuan yang ditujukan bagi muridnya. Termasuk dalam membuat esai, ternyata banyak manfaat yang dapat kita ambil dari menulis esai ini.
            Dalam membuat esai kita membutuhkan pengetahuan yang luas tentang hal yang kita kaji, ini dapat mendorong kita untuk menambah pengetahuan yang kita miliki dengan cara membaca misalnya. Tanpa kita sadari esai juga dapat membuat kita melanjutkan budaya membaca yang mulai ditinggalkan.
            Selain itu, esai membutuhkan kemampuan dalam merangkai kata hingga menjadi kalimat yang tepat dalam menyusun esai tersebut, ini dapat melatih kita untuk meningkatkan kemampuan menulis kita yang pastinya dapat berguna kapan saja, misalnya saat kita menulis puisi atau karangan kita juga membutuhkan kemampuan ini.
            Tak banyak yang tahu bahwa esai dapat meningkatkan kemampuan seorang anak dalam berpikir kritis terhadap hal – hal yang terjadi disekitarnya. Dalam esai sudah pasti banyak aspek yang harus dikembangkan oleh seorang siswa agar esai buatannya mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Dalam aspek tersebut berpikir kritis sangat menunjang keberhasilan suatu esai, karena penulis tahu apa yang harus dilakukan dengan tepat dalam mengkaji masalah yang sedang dikerjakan.
            Sekarang ini esai sudah memiliki banyak peminat dalam mempelajari, ini tentunya bukan tanpa alasan. Sudah banyak perlombaan esai dari tingkat nasional dan internasional diselenggarakan. Hadiahnya pun tidak main – main. Bahkan kita bisa mendapatkan kesempatan bersekolah di luar negeri hanya dengan secarik esai.
            Kompetisi membuat esai sangat mudah kita jumpai baik secara lansung maupun lewat dunia maya. Globalisasi yang merupakan salah satu dampak kemudahan akses internet membuat kita bisa mengambil banyak manfaatnya. Perlombaan esai terkadang hanya mengandalkan akses internet, atau perlombaan online  yang memungkinka pesertanya berasal dari berbagai negara. Tentu ini dapat memotivasi kita untuk belajar membuat esai untuk mengikuti perlombaan – perlombaan tersebut.
            Benarkan, tanpa kita sadari banyak manfaat yang kita dapat dalam menulis esai. Walaupun terkadang esai dapat membuat kita pusing karena harus menulis ratusan bahkan ribuan kata. Tidak jarang ini membuat kita harus berpikir dan bekerja ekstra untuk mengerjakan esai tersebut.

            Tapi dengan banyak latihan menulis esai pasti kita dapat menulis esai dengan lebih baik lagi, hingga dapat bermanfaat bagi diri kita dan orang lain tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar